Subscribe:

Selasa, 24 Februari 2015

Contoh Proposal Usaha Gamenet/Warnet Kewirausahaan

PROPOSAL USAHA GAME NET
 “KALONG NET”





Disusun oleh :
RONAN RIZKY MAYRENDRA
FREDI SAPUTRA

XII MULTIMEDIA 1



MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA


                                                                                                                                                            i
LEMBAR PENGESAHAN

Judul        :    Proposal Usaha “KALONG NET”
Nama       : - RONAN RIZKY MAYRENDRA
-  FREDI SAPUTRA                                                                                           
Kelas       :    XII MULTIMEDIA 1

Proposal ini telah diterima dan disahkan pada :
Hari         :
Tanggal    :

Oleh :
            Guru Pembimbing


       Dwi Laila Febriana, S.Pd
  



Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. H. Suprihandono, M.M
                                                                                                                                                            ii


KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran kewirausahaan.

Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.

Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.








                                                                                                                                                            1


DAFTAR ISI

COVER......................................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN.......................................................................                                        i
KATA PENGANTAR...............................................................................                                        ii
DAFTAR ISI.............................................................................................                                         1
IDENTITAS PERUSAHAAN..................................................................                                        2

BAB I. PENDAHULUAN.......................................................................                                        3
A.                Latar Belakang.........................................................................                                         3
B.                 Keunggulan Fungsi Produk.....................................................    3
C.                 Analisis SWOT........................................................................    4
BAB II. PROSES KERJA.......................................................................    6
A.    Sketsa Gambar Kerja......................................................................  6
B.     Rencana Peralatan..........................................................................     7
C.     Rencana Perlengkapan...................................................................   7
BAB III. PEMASARAN.........................................................................   9
A.    Target Pemasaran............................................................................  8
B.     Situasi Persaingan...........................................................................  8           
C.     Strategi Pasar..................................................................................  8
D.    Periklanan atau Promosi.................................................................   8
BAB IV. RENCANA ANGGARAN.....................................................   9
BAB V. PENUTUP..................................................................................    10

                                                                                                                                                            2




IDENTITAS PERUSAHAAN

A.      Nama dan Alamat Perusahaan
Nama            : Kalong Net
Alamat          : Jl. Pandeyan no. 32 Umbulharjo Yogyakarta
B.      Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama            : Ronan Rizky Mayrendra
Alamat          : Pandeyan UH5 Rt13 Rw03 no.867
Nama            : Fredi Saputra
Alamat          : Jakarta
C.      Informasi Usaha
       Usaha ini adalah usaha yang bergerak dalam bidang jasa yaitu jasa internet terutama dalam game online. Nama perusahaan ini adalah Kalong Net. Yang terletak di jalan Pandeyan no.32 Umbulharjo Yogyakarta. Warnet ini terletak di depan jalan raya dan berada di dekat XT Square.







                                                                                                                                                            3
BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan  semakin dekatnya era globalisasi dimana tidak adanya jarak untuk saling berbagi informasi, saling interaksi dan berkomunikasi sampai kebelahan dunia. Yang dilakukan dimana saja dan kapan saja maka, sarana yang paling mendukung adalah adanya internet. Saat ini internet sangatlah dibutuhkan masyarakat mulai dari sekedar cari informasi, berkomunikasi, berbisnis ataupun bermain game untuk refeshing. Dengan game online, bermain game tidak hanya bisa dilakukan oleh dua orang saja dalam satu game, namun bisa mencakup banyak orang dalam satu game dan dapat bermain bersama.
Dari sinilah muncul peluang usaha yang kami tangkap, karena masyarakat membutuhkan fasilitas game online tersebut. Maka, usaha ynag kami buat adalah mendirikan warung game online.

B.     Keunggulan Fungsi Produk
Kami memiliki keunggulan dibandingkan Gamenet lain yaitu selain dari segi produk yang telah dilengkapi hardware dan software yang canggih, kami memberikan segi pelayanan kepada konsumen seperti adanya sistem paket dengan harga yang lebih hemat dan sistem point jika konsumen telah 10 kali berkunjung maka mendapatkan hak akses sejam gratis. Juga mendapatkan gratis snack setelah menggunakan internet dalam jangka waktu tertentu.






                                                                                                                                                4
C.    Analisis SWOT

Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
A.    Strenght (Kekuatan)
Strenght merupakan kekuatan dari usaha ini dalam menghadapi persaingan.
Strenght/kekuatan dalam usaha Kalong Net yaitu :
1. Strategi tempat yang bagus karena berlokasi di jalan raya.
2. Mempunyai PC yang banyak, agar banyak konsumen yang datang.
3. Merupakan Gamenet pertama dengan tema nuasa kelelawar
4. Tidak hanya bisa main game saja, user juga bisa browsing halayak di warnet
5. Harga terjangkau, sehingga konsumen banyak yang datang.
6. pelayanannya yang cukup ramah.

B.      Weakness (kelemahan)
Weakness merupakan kelemahan yang ada pada organisasi/usaha tersebut. Dan menjadikan instansi lain lebih unggul dari usaha ini. Weakness/ kelemahan dalam usaha Kalong Net adalah :
1.       Banyaknya usaha-usaha warnet/ pesaing  di  dekat lingkungan ini.
2.    Banyaknya aaksesoris PC yang dirusak user tidak bertanggung jawab.
3. Banyaknya warnet-warnet lain yang menyediakan faslitas tempat yang lebih baik.
4   lahan parkir yang kurang memadai (sempit)
5.  kurangnya rak sendal/sepatu yang mengakibatkan sendal/sepatu konsumen
tertukar atau hilang.

                                                                                                                                                            5

C.    Opportunity (Kesempatan/Peluang)
Opportunity merupakan usaha atau peluang dalam usaha ini, usaha Kalong Net memiliki perluang, yaitu :
1.     Warnet-warnet lain kebanyakan menyediakan fasilitas untuk game online saja.  Sedangkan Kalong Net menyediakan fasilitas untuk mengeprint dan browsing.
2.    Usaha warnet yang lain kebanyakan berlokasi di rumah atau tempat usaha kecil. Kalong Net berlokasi di jalan raya.
3.      Menambah fasilitas dengan menjual  makanan dan minuman di Gamenet ini.
4.      Memiliki CCTV untuk memperketat keamanan.
5.   Dapat membuka cabang baru di daerah yang lebih strategis lagi,

D.   Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman dari luar instansi sendiri. Ancaman yang dapat mengakibatkan kerugian instansi ini. Threats /Ancaman dalam usaha Kalong Net yaitu:
1.    Pengguna internet/ konsumen banyak yang membuka situs-situs yang dilarang dan mengakibatkan komputer menjadi rusak, dan computer  yang terpakai menjadi  berkurang.
2.  Terkadang Flasdisk konsumen mempunyai virus dan mengakibatkan komputer terkena virus, dan mengakibatkan komputer harus di instal kembali.
3.    Resiko terjadinya pencurian kendaraan bermotor tinggi,karena lokasinya yang terletak di pinggir jalan.
4. Kurangnya pengawasan dari penjaga sehingga membuat konsumen tidak membayar. 
5. ketidaknyamanan pengunjung karena banyak komputer dan keyboard yang rusak,sehingga pengunjung mencari warnet yang lain.


                                                                                                                                                            6
BAB 2
PROSES KERJA

A.    Sketsa/Gambar Kerja

Mencari Objek
                                                                                                      

Pematangan Keamanan
Merancang Tata Letak
Membeli Perangkat Komputer
Persiapan Tenaga Kerja
Instalasi Software
Pemasangan PC & Internet
Survey Gedung
Membuat Proposal





Pengumpulan Modal



Pembukaan Game Net
Merancang Promosi
Proses Produksi








7         



B.     Rencana Peralatan
Rencana peralatan untuk usaha Game net ini adalah:
·         PC spec Gamers yang berjumlah 50 untuk cilent
·         PC Spec Gamers yang berjumlah 2 untuk server
·         Meja dan Kursi Komputer
·         Kabel UTP
·         Router
·         Internet
·         Software OS dan Games
·         Teknisi Listrik
·         Teknisi Komputer

C.    Rencana Perlengkapan
·         AC yang berjumlah 4 buah
·         Rak untuk jajanan
·         Kulkas untuk minuman
·         CCTV
·         Printer








                                                                                                                                                            8
BAB III
PEMASARAN

A.    Target Pemasaran
Game Online adalah salah satu hiburan yang paling murah saat ini, bukan hanya bagi anak – anak, tetapi game online dapat dijadikan hiburan untuk semua kalangan.

B.     Situasi Persaingan
Analisis persaingan tentulah amat sangat ketat. Apalagi letak dari Game net ini dipinggir jalan perkotaan yang memang sudah banyak Game net yang didirikan. Tapi, kami mempunyai rancangan yang berbeda dari mereka semua. Rancangan ini dimaksudkan mudah dalam mecari pelanggan.

C.    Strategi Pasar
Sasaran lokasi pemasaran adalah didirikan di daerah perkotaan dekat dengan XT Square, dimana di tempat itu selalu ramai pengunjung, dan itu akan menjadikan Kalong net lebih dikenal dan akan didatangi orang.

D.    Periklanan atau Promosi
Untuk diketahui masyarakat, kami mempromosikan usaha ini dengan cara pembuatan brosur, periklanan di website dan pemasangan iklan di radio. Hal ini memudahkan kami dalam mencari pelanggan.




                                                                                                                                                            9
BAB IV
RENCANA ANGGARAN

Items
Unit
Unit Price
Total Price
PC untuk Client
50
5.000.000
250.000.000
PC untuk Server
2
5.500.000
11.000.000
CCTV
10
1.000.000
10.000.000
Switch - 24 Port
3
750.000
2.250.000
Meja Kasir
1
500.000
500.000
AC @ 1 PK
4
3.000.000
12.000.000
Printer Warna & Scanner
1
1.000.000
1.000.000
Meja
50
300.000
15.000.000
Kursi
53
180.000
9.540.000
Seragam Pegawai (tentative)
1
150.000
150.000
Biaya Pasang Listrik
1
2.000.000
2.000.000
Biaya Perbaikan Ruangan
1
2.000.000
2.000.000
Instalasi OS dan Software
1
750.000
750.000
Instalasi Kabel Listrik Warnet
1
1.000.000
1.000.000
Instalasi LAN Warnet
1
2,000,000
2,000,000
Biaya Lain Lain / Tidak terduga
1
2.000.000
2.000.000
Total
Rp 319.190.002
                                                                                                                                                            10
BAB V
PENUTUP

Demikian proposal yang kami buat. Semoga langkah yang kami ambil dalam usaha ini dapat turut andil dalam memberikan alternatif hiburan yang murah dan asik serta dapat dirasakan oleh semua kalangan. Proposal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan Game net nantinya.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati kita semua. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak, dan mohon maaf bila terdapat banyak kesalahan dalam proposal ini


0 komentar:

Posting Komentar